Kamis, 25 Agustus 2011

Inspirasi Belanda


 01. Rembrandt van Rijn

Kalau anda jalan-jalan ke Gramedia, masuk ke counter alat lukis, ada dereten cat minyak, maka merek REMBRANDT, memiliki harga bisa 5 kali lipat merek lain dengan ukuran volume yang sama. Siapa RE,BRANDT? Dia tokoh legendaris seni rupa dunia, dari negri Kincir Angin, Belanda.
Rembrandt Harmenszoon van Rijn (15 Juli 16064 Oktober 1669) adalah pelukis Belanda yang merupakan salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa.  Semenjak 1631, Rembrandt telah mendapat reputasi yang baik dari penugasannya sebagai pelukis potret tokoh-tokoh di Amsterdam dan lukisan-lukisan sejarah yang besar untuk balai kota.
Rembrandt juga sering membuat karya-karya grafis dan gambar. Kontribusinya yang besar terhadap seni rupa terjadi pada era keemasan Belanda (sekitar abad 17). Rembrandt dikenal dengan keahliannya memanipulasi ekspos cahaya terhadap objek sehingga memberikan efek DRAMATIS tertentu di dalam lukisan, dan mengelitik EMOSI yang melihatnya.
Ketika saya membaca biografinya yang memang mengelitik EMOSI karena kisah hidupnya yang DRAMATIS, maka saya mengerti, karya-karya besarnya, muncul dari pergulatan batin PENGALAMAN HIDUPnya.
Tiga anaknya mati muda, ketika anak ke-empat Titus lahir, ganti istrinya, Saskia yang mati. Posisi Saskia sebagai istri digantikan oleh Hendrickje Stoffels dan melahirkan Cornelia, tetapi divonis oleh Reformed church Belanda untuk menjalani status "hidup dalam dosa", karena ‘pernikahan kedua’. 1656 Ia bangkrut dan  terpaksa menjual rumah dan pindah ke rumah yang lebih sederhana di Rozengracht.
Rembrandt hidup terpisah dengan Hendrickje dan Titus. Pada akhir riwayat, hanya Cornelia yang ada di sampingnya. Hidup terpisah dengan anak lelakinya membuat id terpukul berat dan akhirnya meninggal pada 4 Oktober 1669 di Amsterdam dan dikubur tanpa tanda atau upacara apapun diWesterkerk.
INSPIRASI: Warna, nafas, jiwa dalam karya-karyanya, adalah luapas pergumulan emosi dari kehidupannya yang penuh perjuangan.  Karya-karya besar, muncul dari kisah-kisah sejati pengalaman hidup. Baik novel, sastra, filsafat, inspirasi, lukisan, semua adalah ungkapan perasaan dan pikiran, hikmat dan kebijaksanaan, sering muncul dari penderitaan.
Karena itu, jika anda mengalami banyak masalah, tantangan, cobaan, sadarlah, anda sedang masuk dalam proses ‘SEKOLAH KEHIDUPAN’ untuk membentuk karakter anda, menempa kebijaksanaan anda, menghidupkan hati nurani anda. TUHAN ijinkan semuanya, supaya anda bergumul mencapai TUJUAN ILAHI anda, panggilamn hidup, makna hidup, arti hidup yang sering kita abaikan saat kita mapan dan aman. SEMUA TUHAN IJINKAN TERJADI, karena TUHAN sedang berkarya dalam hidup anda, untuk mendatangkan kebaikan. Jadi ... hadapi semua dengan tabah. Salam Dahsyat ... Luar Biasa !

02. Vincent van Gogh; TERUS BERKARYA.
 Simak koleksi lukisan Van Gogh ini…. (isi klip lukisan dari internet ) Vincent Willem van Gogh adalah pelukis pasca-impresionis Belanda. Lukisan-lukisan dan gambar-gambarnya termasuk karya seni yang terbaik, paling terkenal, dan paling mahal di dunia. Van Gogh dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa.
Pada masa mudanya Van Gogh bekerja pada sebuah perusahaan penjual karya seni, Ia baru menjadi seniman pada tahun 1880. Mulanya karya-karyanya menggunakan warna-warna yang suram. Baru ketika di Paris ia berjumpa dengan impresionisme yang warnanya lebih cerah dan sebuah gaya yang unik dan mudah dikenali. Ia ingin KEBEBASAN berekspresi.
Awalnya mengikuti tipikal pelukis di zamannya dengan gaya impresionisme. Namun ketidakpuasan terhadap pengekangan ekspresi seni oleh pakem impresionisme membuat ia beralih pada gaya ekspresionisme. KEBEBASAN !
Vincent Van gogh didiagnosa menderita epilepsi yang cukup parah. Diagnosa ini dibuat oleh 2 orang dokter berbeda yang merawatnya dan akhirnya menghabiskan sisa hidup di R.S. Jiwa Saint Paul-de-Mausole, Perancis. Di R.S. Jiwa Saint Paul-de-Mausole, dia tetap melukis.
Yang menarik dari Van Goh adalah …. DIA TETAP MELUKIS walaupun berada di rumah sakit jiwa.  Sekali lagi… simak klip-klip lukisan ini, buka internet dan ketik kata ‘LUKISAN VAN GOH’, begitu banyak karya luar biasa …. Apakah anda setuju bahwa ini dibuat oleh orang gila ???
Bukankah Thomas Alfa Edison pernah di cap goblok dan tidak selesai sekolah jenjang SMP-nya, Victor Seribriakrof, manusia cerdas ketua Mensa Society - USA dikeluarkan dari sekolah dianggap terbelakang, Ilmuwan yang mengatakan bumi bulat pertama kali difatwa sesat dan dihukum mati oleh gereja, dan masih banyak kisah penghakiman lingkungan terhadap seorang pribadi, dan itulah yang dialami Van Gogh.
INSPIRASI sederhana dari negri Kincir Angin, apapun penghakiman lingkungan terhadap anda, TETAPLAH SEMANGAT UNTUK TERUS BERKARYA, bahkan BERKARYA yang terbaik yang anda bisa lakukan !!
Andalah yang mengenal diri anda dan bukan orang lain, karena itu, penghakiman orang lain belum tentu benar, sekalipun itu dari orang tua anda, guru, psikolog maupun dokter sekalipun. Percayalah TUHAN menciptakan anda dengan suatu TUJUAN dan KEAHLIAN yang UNIK. Temukan diri anda, bakat dan talenta, minat dan kesenangan, pacu dan berkarya !!!
Bahkan kalau anda mendapat julukan UP-NORMAL sekalipun…. Simak ,… UP-NORMAL, artinya … UP… diatas normal ha ha ha. Anda orang luar biasa, yang kadang tidak dimengerti orang lain, tetapi TUHAN mengerti anda. Jadi Inspirasi dari negri bunga tulip..… TERUS SEMANGAT BERKARYA dan raihlah sukses anda yang … UNIK ! Salam Dahsyat Luar Biasa !!

03. Anne Frank;
 Anne Frank lahir 12 Juni 1929 dan berusia hanya sampai 16 tahun, sebelum ia dibunuh oleh Nazi bersama seluruh kaum keluarganya, kecuali ayahnya Otto, yang lolos.  Setelah 2 tahun hidup dalam persembunyian, kelompoknya dikhianati dan dimasukkan ke dalam Kamp Konsentrasi Nazi di Belanda saat perang dunia ke-2.
Saat ia ulang tahun ke-13, 12 Juni 1942, ayahnya memberikan hadiah sebuah buku, dan ia menggunakannya sebagai BUKU HARIAN, semua yang ia alami 3 tahun terakhir sebelum ia mati.  Ayahnya menemukan BUKU HARIAN tersebut, lalu mempublikasikannya. Tulisannya mengungkap kasus HOLOCAUST diterjemahkan dalam berbagai bahasa di seluruh dunia dan dijadikan teater dan film.
INSPIRASI kisah ini, dan juga kisah-kisah serupa, adalah manfaat dari kebiasaan MENULIS. Menurut catatan ada jutaan orang yang dibantai Nazi pada massa itu, tetapi hanya beberapa nama yang mencuat, termasuk gadis remaja ANNE FRANK. Kenapa? Karena ia punya kebiasaan MENULIS.
Melalui tulisan, orang lain mengerti pikiran anda. Melalui tulisan ide-ide ditularkan dan diwariskan. Melalui tulisan, TUHAN menyampaikan Firman melalui Nabi-nabi yang tentunya dipilih TUHAN, juga karena ia MAU menulis. Melalui menulis, anda mengeluarkan semua beban, perasan, pikiran dan itu sehat buat jiwa anda. Jadi…. Mulailah melatih diri anda, dengan MENULIS.

04. Alm. Ratu Juliana
Alm. Ratu Juliana, lahir di Den Haag, 30 April 1909, adalah Ratu Kerajaan Belanda dari 6 September 1948, sampai tanggal 30 April 1980, selama 32 tahun, lalu mundur dari politik dan aktif di bidang sosial. Ulang tahun beliau yang ke-71, ketika putrinya Ratu Beatrix naik takhta, dan  meninggal di Baarn, 20 Maret 2004 pada umur 94 tahun.
Dia adalah ratu yang dikenang dan dicintai rakyat Belanda, karena pembawaannya yang sederhana dan non formal. Ia cenderung merakyat dan mudah dihubungi. Konon itulah rahasia kebahagiaannya yang membuatnya punya umur panjang.
Orang-orang yang terlalu kaku dengan formalitas, cenderung lebih tegang, stress, kaku, kurang tertawa, kurang bahagia dan lebih cepat mati.
Karena itu, dari Belanda, saya menegaskan inspirasi sederhana…. Mari belajar hidup SEDERHANA, mengembangkan sikap ‘cair’, bersahabat, mengutamakan hubungan atau ’relationship’ lebih dari peraturan. Nikmatilah hidup ini dengan mengembangkan sikap humor, bercanda dan yang penting bagi jiwa, TERTAWA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar