Senin, 08 Agustus 2011

Taufik Ismail, dari Tanah Minang


Taufiq Ismail kelahiran Bukit Tinggi, dan hingga SMP berada di kota yang terkenal dengan JAM GADANGnya ini. Kota penghubung Padang dan Pekanbaru, kota perbukitan yang menjadi tujuan wisata karena warisan benteng Belanda dan keindahan alamnya yang luar biasa. Sebagai tujuan wisata alam, ada ngarai yang besar, ada danau, gunung berapi dan juga air terjun. Sebagai tujuan wisata budaya, ada pusat-pusat kerajaan Minang dan adat istiadat Minang di kawasan ini.
Taufiq Ismail sering membaca puisi di depan umum. Di luar negeri, ia telah baca puisi di berbagai festival dan acara sastra di 24 kota Asia, Australia, Amerika, Eropa, dan Afrika sejak 1970. Baginya, puisi baru ‘memperoleh tubuh yang lengkap’ jika setelah ditulis, dibaca di depan orang.
Karena ia berkarya dimanca negara, maka tidak heran, penghargaanpun muncul dari berbagai negara. Mendapat Anugerah Seni dari Pemerintah (1970), Cultural Visit Award Pemerintah Australia (1977), South East Asia Write Award dari Kerajaan Thailand (1994), Penulisan Karya Sastra dari Pusat Bahasa (1994). Dua kali ia menjadi penyair tamu di Universitas Iowa, Amerika Serikat (1971-1972 dan 1991-1992), lalu pengarang tamu di Dewan Bahasa dan Pustaka, Kuala Lumpur (1993).
Bosan dengan kecenderungan puisi Indonesia yang terlalu serius, di awal 1970-an menggarap humor dalam puisinya. Sentuhan humor terasa terutama dalam puisi berkabar atau narasinya, dalam hal ini, dialah pionirnya di Indonesia, dan karena itu juga ia dianggap khas, ‘unik’, sesuai dengan karakternya dan menjadi sukses.
Dunia puisi telah memnculkan WS.Rendra sehingga diberi julukan burung Merak nya Indonesia dalam dunia puisi. Lalu banyak orang sepertinya kok menirukan gayanya. Taufik Ismail, memilih tampil dengan gayanya sendiri, dan ternyata sambutannya bagus.
INSPIRASI: Dalam semua bidang berlaku sama, beranilah membuat terobosan, inovasi untuk hal-hal baru. Hal –hal baru itu, bukan hal-hal aneh atau nyentrik, tetapi justru galilah dari dalam diri anda sendiri, jadilah diri anda sendiri, dengan gaya anda sendiri.  Jika anda menemukan itu, maka semua akan mengalir alami, tidak dibuat-buat dan terlebih lagi, anda sendiri akan membawakan gaya anda dengan bahagia.
Jadilah diri anda sendiri, bersyukurlah dengan diri anda, salam dahsyat, Luar Biasa !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar