Jumat, 09 September 2011

Inspirasi German 2011


01. Munchen - POHON 1.  Saudara... saya berada di Munchen, kota yang mendapat sebutan “TOYTOWN”, kota di German yang mayoritas penduduknya berbahasa Inggris, kota yang orang German menyebut “"Millionendorf", sebuah ekspresi yang berarti “village of a million people", “tempat tinggal para milyuner”.
Kenapa orang-orang kaya German memilih tinggal disini? Di wilayah ini yang terlihat udara begitu bersih, asri, dimana-mana banyak pepohonan, dan memasuki area ini bagaikan ikan yang baru saja meninggalkan kolam kotor, masuk ke sungai yang jernih... saya menghirup udara dan rasanya paru-paru ini segar sekali.
Tahukan anda... sebuah pohon ukuran rata-rata menghasilkan cukup oksigen dalam satu tahun untuk menjaga keluarga beranggotakan empat orang untuk bernapas dengan nyaman.  Survey melaporkan, pohon meningkatkan nilai properti. Rumah dikelilingi oleh pohon bisa terjual 18-25 persen lebih tinggi dari rumah tanpa pepohonan.  Karena itu untuk kehidupan yang lebih nyaman, untuk mengerem laju pemanasan global, demi kehidupan anak cucu yang lebih baik, mari kita melakukan penghijauan disekitar rumah kita, lingkungan kita, jangan biarkan lahan kosong. Sebanyak mungkin bisa ditanam, mari kita tanam pohon.
Kalau anda menjaga kota anda, menjadi kota yang indah dan nyaman, orang-orang kaya dan dan tinggal, bukan datang dan mengeruk kekayaan alamnya, maka eknomi akan bertumbuh, seperti Munchen, kota dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di German dan kota dengan pengangguran terendah di German. Karena itu, mari bersama-sama melakukan gerakan bumi yang hijau, untuk hidup yang lebih baik. Inilah inspirasi dari German, Salam dahsyat, Luar Biasa !!
02. Munchen - POHON 2.  Saya tinggal di Jakarta, dan pada siang hari, gedung berjarak 3 km saja seperti terlihat samar-samar, bukan oleh awan atau embun, tetapi polusi asap kendaraan. Lalu saya datang ke mari, Munchen, German ... dan seperti wow .... lingkungan yang dirawat dan dijaga dengan sungguh-sungguh.
Kota ini menurut sejarah didirikan 1158 oleh “Guelph Henry the Lion, Duke of Saxony and Bavaria”. 1506 Muncen menjadi ibukota Bavaria bersatu.  1806 menjadi ibukota Kerajaan Bavaria. Di kota ini, musikus Klassik Mozart pernah tinggal.  Kota indah yang dikelilingi dan dipenuhi dengan taman dan hutan-hutan kecil dengan kawanan rusa, penghijauan yang dijaga dengan ketat tersebar di beberapa lokasi sekitar kota.
Tahukan anda... pohon menghasilkan pekerjaan dan memberi kontribusi bahan baku untuk bangunan, surat kabar, buku dan lebih dari 15.000 produk hutan lainnya. Pohon dapat diperbaharui, dapat terurai secara biologi dan dapat didaur ulang. Kayu bisa diolah lebih lanjut menjadi produk seperti vitamin, plastik, rasa vanila, film fotografi, pasta gigi dan obat-obatan.
Semakin lengkap jenis pohon, semakin lengkap pula serangga, binatang yang akan hidup disekitarnya, dan ini diperlukan untuk keseimbangan ekosistem, mencegah mewabahnya epidemi serangga, ulat ataupun binatang sejenis dalam jumlah yang luar biasa.
Karena itu, dari Munchen, German, saya membangkitkan semangat untuk menjaga lingkungan kita, yang memiliki kekayaan hayati yang jauh lebih lengkap. Mari kita pertahankan ke aneka ragaman tanaman kita, untuk hidup yang lebih baik. Inilah inspirasi dari German, Salam Dahsyat Luar Biasa !
03. Munchen - POHON 3.  Saya berada di Munchen, kota yang mendaat sebutan "Capital of the Movement", karena di dekat kota inilah dibangun Kamp Konsentrasi dari Partai Buruh Sosialis Nasional, dan kota ini penting dalam sejarah kebangkitan Sosialis Nasional German.
Kota ini rusak berat saat perang dunia ke 2, bangkit dan membangun lingkungannya menjadi kota ternyaman untuk tinggal di German. Kota dengan sejumlah taman, dan karenanya juga disebut “GREEN CITY”. Di Munchen, saya merasakan, bagaikan di planet yang berbeda, karena segarnya udara dan bersihnya lingkungan. Saya masih berada di bumi, di kota .... yang penduduknya menjaga lingkungan dengan sungguh-sungguh. Di kota inilah BIOTEKNOLOGY dikembangkan luar biasa.
Tahukan anda, bahwa ribuan obat-obatan dihasilan dari aneka tanaman tropis? Banyak dokter berpendapat, bahwa hampir semua penyakit, sebenarnya bisa disembuhkan dengan enzym dan vitamin yang ada pada sayur dan buah, yang adalah produk dari pohon atau tanaman? Namun kita perlu menjaga media bagi pohon, tanah dan air yang bebas dari polusi kimia.  Bumi tidak bertambah luas, manusia semakin banyak, jika kita tidak mendidik generasi baru, untuk mencintai lingkungan, maka mereka akan mewarisi bumi yang sudah rusak. Tahukan anda betapa berhaganya bumi, karena hingga saat ini belum ditemukan ada planet lain yang ada kehidupan? Dan untuk merawat bumi ini, salah satunya, memberi ruang dan tempat, bagi banyak pohon, dan menjaga tanah serta air dari pencemaran.
Tahukah anda, bahwa dengan potensi kekayaan hutan tropis, jamur tropis, buah-buahan dan sayuran tropis, rumput laut tropis, Indonesia punya potensi menjadi rajanya BIOTEKNOLOGY? Karena itu, mari kita jaga kebersihan lingkungan kita, kita jaga kekayaan alam kita, untuk hidup yang lebih baik. Salam dahsyat... Luar Biasa !!!
04. Munchen - UDARA 1. Saudara... saya berada di Munchen kota yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade 1972 (namanya Olympiapark Munich) ini ada di nomor 8 kota dengan kualitas hidup di dunia, kota nomor 39 untuk biaya hidup tertinggi di dunia. Muchen berada tidak jauh dari pegunungan Alphen dan sungai Isar. Kota ini merupakan pusat pengembangan Teknologi Informasi dan  Bioteknologi di German. Kantor pusat BMW ada di kota ini.
Kota berpenduduk 1.3 juta jiwa ini, 20% populasinya bukan warga German, alias orang asing, yang memilih tinggal disini. Kenapa? Karena kota ini BEBAS POLUSI ! Memiliki taman kota terluas di dunia 3.7km2 lbh besar dari Central Park New York.
Saya bisa melihat, pohon, gedung, benda yang jauh dengan jelas, langit begitu bersih dan jarang ada penduduk yang sesak nafas, paru-paru atau influinsa, walau cuaca suhu berubah-ubah. Membandingkan dengan Jakarta, dimana saya tinggal, saya saat ini seolah-olah bisa melihat Jakarta, bagaikan kolam comberan kotor dengan penduduknya bagaikan ikan yang megap-megap sasak nafas dan mudah terjangkit penyakit. 
Kita juga bisa dan pasti bisa membuat kota kita bersih. Asal kita ter-inspirasi dan belajar dari orang lain. Disini tidak ada bensin oplos, solar oplos yang membuat mobil cepat rusak dan asap kendaraan menjadi begtiu pekat. Disini mobil-mobil tidak berasap !! Mobil berasapakan ditindak dan dilarang digunakan.
Mari saudaraku setanah air, kita peduli lingkungan dan menjaga kebersihan udara kita, karena itulah yang kita hidup bersama anak cuku kita setiap hari. Mari kita jaga kebersihan lingkungan kita, untuk hidup yang lebih baik. Inilah inspirasi dari German, Salam dahsyat... Luar Biasa!
05. Munchen – Sofware.  “Nasionalisme dalam Technology”
Munich, di kota ini berdiri kantor pusat beberapa perusahaan International seperti mobil BMW, asuransi ALLIANZ, elektronik SIEMENS AG, mesin injeksi KRAUSS MAFFEI, lampu OSRAM, bahkan Mc Donald’s dan Microsoft pun memindahkan kantornya kemari. Masih banyak lagi yang tidak bisa disebut, yang pasti, kota ini menarik perhatian para pebisnis dunia.
Tentu banyak hal-hal inspiratif di kota ini, namun saya justru tertarik pada HAL-HAL KECIL, tetapi menurut saya ini kita BISA MELAKUKANNYA JUGA, karena itu saya angkat sebagai INSPIRASI dari MUNCHEN, German dalam beberapa epiosode.
Saudara saya berada di Munchen, kota dimana Kantor Hak Paten Eropa berada. Namun di kota ini ada kisah menarik, tahun 2003 pemerintah kota berani mengambil keputusan untuk mengubah 14000 komputernya dengan free software. Yang dikembangkan  Debian berbasis Linux distribution yang disebut LiMux.
Ini karena mereka merasa (seperti juga sebagian besar kita mungkin merasakan) telah ‘dijajah’ oleh pemilik software yang memungut biaya sangat mahal, lihat saja mereka menjadi orang-orang dalam daftar paling kaya di muka bumi. Ya.. itu hak atas kekayaan intelektual mereka, namun banyak orang berpendapat, harganya ‘mencekik leher’.
Merekapun tahun-tahun itu  banyak yang mengalami seperti kita akhir-akhir ini, kantor di’sweeping software’ seperti pada zaman penjajahan Hindia Belanda.  Seandainya saja harganya ‘wajar’ dengan senang hati, semua akan membeli ‘software’ asli, dengan senang hati.
Karena itu, Kota Munich saya sebut berani, repot-repot menggunakan ‘free software’ di tahun 2003, dan sekarang bisa menghemaat jutaan dollar dari keputusan yang membuat mereka mengembangkan diri dan mandiri secara teknologi.  Keputusan itu bisa saja dipicu karena tekanan pengawasan super ketat karena Kantor Pusat Hak Patent Eropa ada di kota itu. Bagaimanapun juga, itu keputusan yang berani, berani repot dengan perubahan kebiasaan ke-enakan menggunakan software yang sudah tersedia dan biasa digunakan selama ini.
Tahun ini, kami juga mengambil keputusan untuk memakai LINUX dalam pembuatan film animasi kami. Dengan dukungan anak-anak muda yang mewujudkan semangat ‘nasionalisme teknologi’, untuk keluar dari imperialisme menjajahan software, terbukti anak-anak muda Indonesia BISA, pandai, kreatif… mereka hanya butuh diberi kesempatan !
Kita semua bisa, kalau kita mau sama-sama ‘susah-suah di awal perubahan’, namun jika terus mengembangkannya, maka itu menjadi KEMERDEKAAN dan KEMUDAHAN di kemudian hari. Mari … terinspirasi dari Munich … Kota mandiri teknologi, saya, anda, kita juga bisa bangkit mengembangkan software dan teknologi kita. Inilah Inspirasi NASIONALISME TEKNOLOGI dari Munchen, German. Salam Dahsyat Luar Biasa !!!
06. FC Bayern Munchen.  “Idealisme yang Membawa Kebangkitan”
Munich ada di rangking 30 kota-kota di dunia, untuk tujuan wisata arsitektur, karena di kota ini ada kombinasi unik antara banyaknya bangunan dengan arsitektur eropa kuno, dan bangunan modern seperti kantor pusat BMW, Stadion Alianz Arena yang futuristik dan bisa berubah-ubah warna dan Olympapark yang modern. Dikota inilah olahraga Sepakbola merupakan olahraga favorit dan dikota inilah sarang FC Bayern München.
FC Bayern München atau Bayern München adalah klub olahraga terbesar kedua di dunia setelah FC Barcelona dengan 125.115 anggota, mengungguli Real Madrid, Manchester United, AC Milan dan Inter Milan. Menurut data Deloitte Football Money League, Bayern adalah klub terkaya keempat di dunia pada tahun 2009, menghasilkan pendapatan sebesar € 289,5 Juta. Th 2010 klub ini menjadi pemilik penuh atas Stadion Alians Arena.
Klub sepak bolanya telah menjuarai juara Jerman pada tahun 1932 dan setelah itu dalam kurun waktu 1969-2010 menjuarai Liga sepak bola Jerman Bundesliga 21 kali, menjuarai Liga Champions sebanyak 4 kali.
Berdasarkan sejarah Bayern adalah tim paling sukses di sepak bola Jerman, karena mereka telah memenangkan paling banyak kejuaraan dan paling banyak piala. Mereka juga tim Jerman paling sukses dalam kompetisi internasional, setelah memenangkan enam trofi. Bayern merupakan salah satu dari tiga klub telah memenangkan semua tiga kompetisi besar Eropa dan juga klub terakhir yang memenangkan Liga Champions tiga kali berturut-turut , mereka berhak memakai lencana multi-pemenang selama pertandingan Liga Champions. WOW… ada spririt yang luar biasa, SIKAP MENTAL PEMENANG, yang kita bisa gali INSPIRASInya !!
INSPIRASI: Bagaimana kisah awal sukses klub sepakbola yang bukan hanya kaya dengan prestasi gemilang, tetapi juga kaya dengan uang, mengelola asset, bakat, ketenaran secara profesional sebagai sebuah PERUSAHAAN modern dan bukan menjadi lembaga  yang mengerogoti APBN atau mengemis bahkan memaksa-maksa minta sumbangan ke perusahaan ini?
Setelah pertikaian antara manajemen klub dan pemain dari MTV 1879 München di bar “Gisela” di Schwabing, 11 pemain IDEALIS memutuskan untuk memisahkan diri dan membentuk klub sendiri dibawah manajemen Franz John pada 27 Februari 1900. Nama yang dipilih untuk klub yang baru adalah FC Bayern München.
Karya besar dimulai dengan IMPIAN, IDEALISE yang diwujudkan dalam KEPUTUSAN yang BENAR dan BERTINDAK sesuai HATI NURANI atau IDEALISME tersebut.  Ketika managemen, etika, motivasi sudah bobrok, maka hancurlah semuanya, prestasi maupun moral. Namun 11 orang IDEALIS memulai sesutau yang murni, dengan semangat berkarya, membangun klub baru. Bebas dari politik, trik dan intrik.
Jika PSSI akhir-akhir ini dirundung permasalahan yang tidak ada habis-habisnya, bukankan kita harusnya terinspirasi dari kisah ini? Dicari orang-orang IDEALIS bagi kebangkitan negri kita Indonesia tercinta. Ayo … kita wujudkan IMPIAN Indonesia Raya yang jaya. Inilah inspirasi dari German, Salam Dahsyat dari Munchen … Luar Biasa !!
07. Benjamin Thompson. “Hidup yang membawa dampak”
Benjamin Thompson (sering dikenal sebagai 'Count Rumford' lahir 26 Maret 1753 – meninggal 21 Agustus 1814 pada umur 61 tahun) adalah penemu, ilmuwan, negarawan, dan tentara terkenal kelahiran Amerika. Ia menemukan teori KALORI. Penemuan-penemuan Thompson lainnya adalah kompor, oven, ketel ganda, dan pakaian penahan panas, sert mengembangkan cerobong asap dan tungku perapian yang ada. Anak yatim sejak 2 th kelahiran Amerika ini, menjadi Pahlawan di Bavaria.
Pada tahun 1785, Benjamin Thompson bergabung bersama pasukan Austria untuk melawan Turki dan di sana dia berkenalan dengan Pangeran Maximillian dari Bavaria yang mengundangnya untuk tinggal Bavaria. Thompson tinggal di Bavaria selama beberapa tahun untuk memimpin pasukan Bavaria yang kurang mendapatkan perhatian dan penghidupan yang layak, kemudian membuat perubahan besar di daerah tersebut.  
Para tentara diberi bayaran lebih tinggi, dibuatkan sarana rekreasi, dan diberikan pendidikan gratis baik untuk tentara maupun anak-anak mereka. Benjamin Thompson juga memberikan penghasilan kepada pengemis jalanan dengan mempekerjakan mereka untuk menjahit pakaian tentara Bavaria yang kurang layak pakai. Pada tahun 1971, atas semua saja-jasanya Benjamin Thompson dianugerahi gelar Count of the Holy Roman Empire.
INSPRASI:Anda ingin dihormati, mendapat kemuliaan hidup? BUATLAH PERUBAHAN terhadap lingkungan anda, sejauh anda bisa mempengaruhi dan membuat perubahan.  Sering terjadi, lingkungan bukannya tidak mau berubah, tetapi butuh seorang inisiator dan yang lain baru ramai-ramai mendukung.
Hal kecil misalnya kerja bahakti di lingkungan. Banyak orang pesimisteis atau penuntut dan mempengaruhi lingkungan dengan pikiran negatif; “iya nii pemerintah gimana sih, lingungkan ndak diurusi bla bla dstnya” dan yang lain manggut-manggut mengiyakan, lalu ngerumpi menjelek-jelekkan rt, rw, lurah, dan seterusnya.
Tetai jika anda datang ke lingkungan tersebut, dan memulai wacana yang berbeda, membangkitkan kesadaran dan mengajak kerja bakti, ternyata mereka mau juga.
Karena itu, mulailah dengan kelompok terkecil anda, biasakan hidup membawa DAMPAK POSITIF, biarkan itu menjadi darah daging, karakter dan kebiasaan anda. Ketika kehidupan anda naik, pergaulan anda naik, seperti enjamin Thomson berkenalan dengan Pangeran Maximillian, maka pengaruh perubahan yang bisa dilakukan berskala negara.
Hidup yang membawa dampak. Inilah Inspirasi dari Muncen, bavaria, German. Salam Dahsyat Luar Biasa
08. Mozart .  “Peran Ayah di Usia Dini”
Wolfgang Amadeus Mozart yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart (lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 – meninggal di Wina, Austria, 5 Desember 1791 pada umur 35 tahun) adalah seorang komponis. Ia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah.
Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara. Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflöte. Banyak dari karya Mozart dianggap sebagai repertoar standar konser klasik dan diakui sebagai mahakarya musik zaman klasik. Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Köchel-Verzeichnis.
INSPIRASI apa yang kita bisa pelajari dari legendaris musik ini? Kita simak dulu kisah awalnya:  Mozart, yang dikenal memiliki kemampuan tala mutlak (mengenal nada dengan tepat tanpa bantuan alat), mengenal musik sejak lahir. Ayahnya, Johann Georg Leopold Mozart adalah komponis penting pada jamannya, salah satu karyanya yang paling penting adalah Kindersinfonie ("Simfoni Anak-Anak").
Mozart adalah anak bungsu dari tujuh bersaudara yang meninggal prematur. Hanya dia dan Maria Anna Mozart ("Nannerl") yang bertahan hidup sampai dewasa. Sewaktu berumur 4 tahun, Mozart sudah mampu memainkan harpsichord dan melakukan improvisasi pada karya-karya musik pendahulunya. Dia bahkan menulis komposisinya yang pertama saat berumur 5 tahun.
Karya-karyanya antara lain adalah Violin Sonata, dan beberapa Minuet. Leopold mengumpulkan semua komposisi ini tanpa sepengetahuan anaknya. Demikian halnya dengan Nannerl, dia juga adalah pemain keyboard yang sangat handal. Leopold yang menemukan bakat kedua anaknya merasa “terpanggil” untuk memamerkan mereka ke seluruh Eropa. Kisah selanjutnya, adalah kisah, bagaimana seorang ayah berjuang sekuat tenaga membawa anaknya keliling seluruh Eropa ke berbagai acara, istana dan raja-raja.
INSPIRASI? Peran ayah dan pendidikan anak, apalagi sejak usia dini, itu luar biasa. Jika anak kebutuhan khusus, mendapat kemajuan dengan terapi musik, terapi air, terapi ikan lumba-lumba, maka sebenarnya kemajuan terhebat adalah ‘terapi ayah’. Ada penelitian yang melaporkan, jika soerang ayah bermain dan berinteraksi dengan anaknya, kecerdasan bisa naik 10 point skala IQ.
Mayoritas keluarga, menyerahkan pendidikan anaknya ke istri, suster, pembantu, sekolahan dan ... ayah, menjadi ‘ayah yang jauh’. Anak merindukan bercengkerama dengan ayahnya dan tiada kunjung tiba, karena ayahnya sibuk bisnis, sosial, politik atau kegiatan keagamaan. Kekecewaan akan ayahnya, tidak muncul dalam pemberontakan, karena ia takut, tetapi muncul dalam bentuk penyimpangan perilaku, karena adanya masalah dalam emosinya. Lahirlah generasi anak tanpa figur bapak, dan muncul tingkah laku aneh dengan aneka anak kebutuhan khusus.
Karena itu, ada seorang bijak atau Nabu yang bernama ‘Maleakhi’ hidup sekitar 300 tahun sebelum Masehi, yang menyerukan ‘Hati bapa kembali ke anak-anaknya’. Inspirasi dari German, negara dengan ‘patrialisme’ atau ‘peran bapak’ yang kuat adalah, mari para laki-laki, tidak hanya menjadi seorang suami, bisnismen, rohaniawan, tetai juga seorang AYAH. Salam Dahsyat, Luar Biasa !!
09. Franz Strauss .  “Tidak Sempurna, tetapi buatlah Perubahan”
Airport di Munchen adalah Airport terbesar ke-3 di German dan th 1992 diberi nama Franz Josef Strauss airport. Nama politisi German, yang menjadi ketua ‘Christian Sosial Union’ dan presiden wilayah Bavaria (selevel Gubernur Wilayah) yang meninggal 1988.
Siapa dia yang namanya diabadikan sebagai nama airport ini? Ia telah terjun di bidang politik sejak masih sangat muda. Hidupnya penuh kontroversi dan kisah skandal, dia bukan tokoh yang tanpa cacat, namun Ia tetap dianggap sebagai tokoh luar biasa yang berjasa membawa transformasi Bavarian dari wilayah pertanian, menjadi pusat teknology German seperti sekarang ini.
Genetiknya membawa tranformasi, perubahan, Ia juga yang mendorong diciptakannya airbus saat ia menjadi chairman di airbus 1970-1980an. Dia pula yang mengarang buku ‘The Grand Design” tentang pemikirannya mengenai ‘United States of Europe’ atau UNI EROPA yang ia perjuangkan menjadi kenyataan. Dia punya andil dalam transformasi eropa.
Bukan Strauss kalau tidak mebawa perubahan. Dialah tokoh satu-satunya dari Eropa Barat yang berkunjung ke negara komunis yang di isilasi, Albania pada 21 August 1984, dan berjumpa dengan Enver Hoxha yg adalah tokoh perang dunia kedua yang masih hidup. Kunjungan ini merupakan rintisan, sehingga 1987 German Bara membuka hubungan diplomatik dengan Albania.
Apa Inspirasi dari hidup Strauss? Dalam hidup ini, kita tidaklah mungkin sempurna. Kita bergerak menuju kesempurnaan, kita selalu intsrokpesi, memperbaiki diri setrus menerus tiada henti. Kita mencari TUHAN dengan beribadah dan bergaul dengan TUHAN, mendengar suara-NYA dalam hati nurani kita, dan berjuang mentaati suara-NYA. Tetaplah kita belum sempurna.
Namun yang penting di dalam hidup ini, janganlah berhenti untuk berubah dan teruslah membuat perubahan, baik terhadap diri sendiri, maupun terhadap orang lain. Mulailah dengan peribahan-perubahan kecil yang secara sadar anda latih untuk diri anda sendiri.
Ketika orang-orang terdekat anda, melihat perubahan hidup anda, mereka akan mengikuti anda. Ide, pemikiran dan tulisan anda akan diikuti banyak orang, karena hidup anda ‘provent’, menjadi bukti akan pemikiran anda, maka dampak perubahan yang anda lakukan semakin besar.
Sementara itu anda lakukan, anda bisa saja jatuh, tergelincir, seperti yang dialami Strauss, dan hidupnya berguncang karena penghakiman, namun jangan berhenti, segera bangkit, lakukan perubahan pribadi dan lanjutkan menjadi agen perubahan. Dengan demikian punya peran dalam TRANSFORMASI bangsa ini, dimulai dengan TRANSFORMASI pribadi anda.
Inilah Insprasi dari Muchen, German, Salam Dahsyat Luar Biasa !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar