Jumat, 27 Mei 2011

INSPIRASI JAYAKARTA


SEJARAH JAKARTA
Banyak orang datang mengadu nasib ke Jakarta, yg katanya lebih kejam dari ibu tiri.
Jakarta, adalah kota politik, kota bisnis, kota dagang, kota wisata dan juga kota dipura karena taman-taman kota yang bagus.
Sunda Kelapa th 397
Th 397 Jakarta dikenal sbagai salah satu pelabuhan Kerajaan Sunda yang bernama Sunda Kelapa, berlokasi di muara Sungai Ciliwung. Ibu kota Kerajaan Sunda yang dikenal sebagai Dayeuh Pakuan Pajajaran atau Pajajaran (sekarang Bogor). Kerajaan Sunda sendiri merupakan kelanjutan dari Kerajaan Tarumanagara pada abad ke-5 sehingga pelabuhan ini diperkirakan telah ada sejak abad ke-5 dan diperkirakan merupakan ibu kota Tarumanagara yang disebut Sundapura.
Jayakarta th 1527 :
Tome Pires, orang Portugis, orang Eropa pertama yang datang ke Jakarta. Pada abad ke-16, Surawisesa, raja Sunda meminta bantuan Portugis yang ada di Malaka untuk mendirikan benteng di Sunda Kelapa sebagai perlindungan dari kemungkinan serangan Cirebon yang akan memisahkan diri dari Kerajaan Sunda. 22 Juni 1957 Fatahillah dari Demak, dibantu Kerajaan Cirebon, merebut Sunda Kelapa dari Kerajaan Sunda yg dibantu Portugis dan memberi nama Jayakarta.
Nama ini biasanya diterjemahkan sebagai kota kemenangan atau kota kejayaan, namun sejatinya artinya ialah "Kemenangan yang diraih oleh sebuah perbuatan atau usaha".
Atas dasar kisah ini, 1956 Walikota Jakarta, Bp. Sudiro menetapkan hari jadi Jakarta tanggal 22 Juni
Batavia th 1619 : Kota tua naik sepeda
Pada 1619, VOC dipimpin oleh Jan Pieterszoon Coen menduduki Jayakarta setelah mengalahkan pasukan Kesultanan Banten dan kemudian mengubah namanya menjadi Batavia.
Djakarta th 1942: Kota Tua dekat Stasiun Kota
Penjajahan oleh Jepang dimulai pada tahun 1942 dan mengganti nama Batavia menjadi Djakarta untuk menarik hati penduduk pada Perang Dunia II.
INSPIRASI :
Nama Jakarta dianggap sebagai kependekan dari kata sansekerta Jayakarta (Dewanagari).
Sesuai arti nama ‘JAKARTA’ sebagai kota kemenangan atau kota kejayaan, namun sejatinya artinya ialah "Kemenangan yang diraih oleh sebuah perbuatan atau usaha".  Nama yg filosofis.... dan bagus ! HIDUP MENANG? USAHA ! BERBUAT SESUATU !
Mau sukses… berjuang !  Kalahkan kekejaman ‘ibu tiri’ dengan berjuang… dan raihlah sukses ! Salam Dahsyat Luar Biasa !!

1 komentar:

  1. Ini blog unik, ada data sejarah dan yg hebat ... inspirasinya, Hebat Heboh Keren !!

    BalasHapus