Jumat, 27 Mei 2011

Inspirasi Canton Tower Ghuangzou China



Canton tower mencatat sejarah sebagai tower TV tertinggi di dunia! desain yang unik serta keren menempatkan tower TV ini sebagai salah satu bangunan yang menarik dan eksotik.
Canton Tower dirancang oleh arsitek Belanda Mark Hemel dan Barbara Kuit dari INFORMATION BASED ARCHITECTURE (IBA) bersama dengan ARUP yang merupakan sebuah perusahaan internasional desain rekayasa dan konsultasi bisnis yang berkantor pusat di London, Inggris. Tim Arup dipimpin oleh insinyur struktur Prof Dr Joop Paul memperkenalkan kustomisasi dengan desain dalam kombinasi dengan metode desain parametrik, dan menerapkan konsep struktur sederhana terdiri dari tiga unsur: colums, rings dan braces.
Pada tahun 2004, IBA dan ARUP memenangkan kompetisi internasional, di mana banyak perusahaan arsitektur internasional besar berpartisipasi. Pada tahun yang sama BIA dan ARUP di Amsterdam mengembangkan desain konsep menara. Pada stadium lanjut, IBA bekerja sama dengan Kantor cabang ARUP di china dan juga dengan Design Local Institute
Canton Tower, sebelumnya dikenal dengan nama Guangzhou TV & Sightseeing Tower, yang merupakan sebuah menara observasi dekat Pagoda Chingang, Guangdong, China. Canton Tower pertama kali beroperasi pada tanggal 29 September 2010 pada pembukaan Asian Games 2010. Menara ini merupakan menara tertinggi di dunia, menggantikan CN Tower di Kanada yang sebelumnya memegang gelar sebagai menara tertinggi di dunia selama 34 tahun.
Guangzhou Ta dalam bahasa Cina, atau Canton Tower dalam bahasa Inggris, nama resmi Menara Guangzhou. Penduduk setempat menyebutnya Xiao Man waist (Xiao Man, adalah seorang geisha terkenal di Dinasti Tang (618AD - 907AD), yang memiliki pinggang ramping yang sangat indah). Salah seorang arsitek, Mark Hemel, membuat pernyataan dibelakang keunikan arsitek Canton Tower ini ada sebuah konsep: "Di mana-mana gedung pencakar langit menampilkan sosok figur ‘PRIA’ dengan fitur yang introvert, kuat, lurus, persegi panjang, dan berdasarkan repetisi, Nah kami ingin membuat menara ‘PEREMPUAN’, yang transparan, melengkung dan ramah. Tujuan kami adalah menara yang halus dan seksi yang akan mewakili Guangzhou sebagai kota yang sensitif, dinamis dan menarik."

INSPIRASI dari CANTON TOWER: Keindahan... dan paralel dengan itu, keberhasilan, karya besar, untuk zaman ini, harus muncul atas sebuah konsep atau filosofi. Memang kita bisa saja membangun sebuah menara, tetapi tanpa konsep maka hanyalah sebuah bangunan tanpa jiwa tanpa cerita. Memandang suah karya atau kota yang indah, tanpa ada sebuah cerita, bagaikan melihat makanan yang terlihat indah tetapi rasanya hambar.
Karena itu, mulailah berkarya, bekerja, dengan sebuah tujuan mulia, sebuah filosofi hidup dan menjalani perjuangan dan menikmati setiap langkah proses di dalamnya, yang akan menjadi cerita indah, ketika kesuksesan itu diraih, dan mengenangnya dengan lebih bermakna !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar